Sabtu, 14 Agustus 2021

Pengalaman Mengikuti Lelang di Instagram

 “Selamat bro! Bro menang lelang di kami ya.πŸ™πŸ™

~ Inilah kalimat yang didapatkan ketika di direct message oleh pihak lelang.

Halo, selamat datang di situs web ini, saya yakin Anda baru pertama kali berkunjung, izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Febri, pemilik website ini. Seingat saya, ini adalah kali pertama saya berbagi kisah pengalaman. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagi pengalaman mengenai keikutsertaan saya sebagai peserta lelang di salah satu akun di Instagram.

src geauction[dot]com


1 Agustus 2021

Biodata Akun - Auction Experience

Akun Instagram ini saya temukan dari teman saya yang sedang mem-“paid promote”-kan akun lelang ini, awalnya saya hanya penasaran berkunjung ke akun itu. “Tapi kok menarik ya”, batin saya ketika scroll-scroll melihat-lihat barang yang dilelang, dan juga karena akun Instagram lelang ini (yang selanjutnya akan saya sebut “orang itu”) memberikan penawaran menarik, yaitu harga lelang yang dimulai dari nol rupiah dan berkelipatan 25k/50k tiap bid-nya. Di bio-nya juga tertulis jelas dengan capslock (huruf kapital), bertuliskan “BARANG TIDAK SESUAI REFUND”. 

Nama Barang & Caption-nya - Auction Experience

Iseng saya coba bid di 3 item berbeda, ya, nge-bid­ di 3 barang dalam rangka iseng, 25k di jaket, 50k di speaker, dan 25k di tws, kecil aja (nge-bid-nya), mikirnya “kalaupun nanti ada yang nge-bid lebih tinggi, yaudah”. Di caption tertulis, “Nama barang: di gambar”, waktu lihat di gambar, tulisannya pake tulisan jaman alay gitu, huruf I di ganti 1, huruf A diganti 4, dst (kejanggalan 1). Sampai di titik ini masih tergiur aja sih, soalnya “brand new” gitu katanya, yang sekarang mikir, “lelang kok brand new semua, lelang apa jualan!”. Lalu saya save post, biar gampang nyarinya.

2 Agustus 2021

Besok malemnya ada request DM dari orang itu yang menyatakan bahwa saya menang lelang di 2 item, speaker dan tws, trus disuruh isi nama, alamat, dll. Karena sudah malam, saya memutuskan untuk mengisi dan transfernya besok. Tapi sebelumnya, saya cek di salah satu post yang saya menangkan (lupa antara tws/ speaker) pada akun orang itu (sebelum akhirnya di hide comment), yang nge-bid ada yang lebih tinggi dari saya, trus mikir, “kok saya yang dipilih ya? Atau karena orang itu udah diblacklist makanya ga kepilih?”, dan juga jauh loh, inget banget dia tu bid di angka 100k++.

3 Agustus 2021

Siangan saya isi form-nya dan langsung sekalian transfer tanpa pikir panjang, 75k, masuk ke rekening bank orang itu. Saya kirim balik form beserta ss (screenshot) bukti transfernya. Sorean baru dibales, bilangnya ada tambahan ongkirnya, total 2 barang plus ongkir 150k (kejanggalan 2). 😱😱 Kaget dong, paket ginian doang sampe 150k? Ongkirnya 75k, nyamain harga barangnya?! Positif thinking bilang, “oh barang elektronik, feb, jadi ongkirnya mahal”. Agak shock, tapi akhirnya sore itu saya transfer juga kekurangan 75k-nya untuk biaya ongkir, langsung dibales, “oke, proses”. Sampai di titik ini, okelah gapapa, 150k bisa dapet tws sama speaker. Btw tws dan speakernya ini yang bermerk di gambar postnya orang itu (J8L sama 41RP0DS), jadi bakal lumayan banget dong ya, harga segitu dapet yang ori 😜 (harapannya 😏).

4 Agustus 2021

Mengabaikan Pertanyaan - Auction Experience

Siangan dikabarin sama orang itu, doi minta maaf, karena ternyata barangnya dikirim dari tempat yang berbeda, jadi nambah ongkir sebesar 70k 😨 (kejanggalan 3), nombok meneh (nambah lagi), pikirku. Ini jadi pemikiran buatku, kok bisa ya ngirimnya ternyata ga dari satu tempat? Ini modelnya gimana sih, bantu jual-jualin produknya orang? Tapi kok brand new? Atau lagi cuci gudang? Dan sejumlah pertanyaan lain mampir di pikiranku. Sempet nanya tapi ga direspon sampe sekarang, kenapa ongkirnya bisa semahal itu. Yaudah deh oke-in, transfer malemnya, sambil batin, “kalau besok ada kendala dan minta transfer lagi, fix minta refund!”. Orang itu dengan cepat merespon, bilang terima kasih dan barang akan diproses 3-5 hari ke depan.

Saya orangnya emosian sebenernya, tapi kalau masalah kirim-kirim barang begini, apalagi pesan dari orang lain, saya super duper sabar. Biarin mereka nyelesaiin pesananku dengan se-leluasanya dia aja, takes your time, don’t mind me. Butuh 1-2 minggu? It’s fine, isoke πŸ‘Œ Berharap semoga pesananku aman sampai di tujuan dengan selamat.

Sambil menunggu paket datang, saya nemu post paid promote lain di akun teman saya yang sama, gambarnya beda, tapi isi konten yang diiklankan sama. Waktu cek, sama. Dari nomor rekening, aturan nge-bid, sampai tulisan di bio dan caption itu sama, beneran kayak cuma coppas dan ganti harga, dll aja. Dan itu ga cuma 2 akun yang saya temukan, sejauh ini 3, dengan template tulisan yang sama namun ada yang tujuan rekeningnya beda. Tulisan nama barang di post juga sama, pakai tulisan alay yang saya sebutkan tadi.

10 Agustus 2021

Resi TWS - Auction Experience

Sorean, bokap manggil, katanya ada paket buatku. Paket? Aku? Beli apa? Sampe lupa karna terlalu loss dol ga mikirin kalo abis beli sesuatu, dan ga expect juga bakal dateng di tanggal merah. Paket yang dateng hari ini, tws-nya. Seperti yang kalian bisa lihat di foto, ada tulisan yang familiar, “sh0pee” (kejanggalan 4). Janggal banget dong ini, tulisan pengirimnya si emang dari username akun insta orang itu. Tapi nomor handphone yang tertera di catatannya beda, langsung mikir, “oh beli di sh0pee, trus di dropship ke saya”. Pas saya buka, beda dong isinya, yang dateng kw-nya, merk yang terkenal banget di kancah per-tws-an, emang merk ini kalo bikin kloning bisa 1:1 alias mirip persis banget nget, cuma bedanya lebih murah dan kualitasnya lebih rendah (menurut video perbandingan yang ada di yutup).

Oke, memang sayanya aja yang berekspektasi terlalu tinggi, yakali 220k (anggep aja beli 1 item) dapet yang original πŸ™ƒ ah, mimpi, feb! Langsung teringat tulisan di bio, “ga sesuai, refund!”, langsung tanya via DM Instagram orang itu, “Kalau mau ajuin refund, syaratnya apa?”, dan ga dibales sampai besok sore. Tapi masih positif thinking, “oh mungkin karena tanggal merah, libur”.

11 Agustus 2021

Cek DM, belum ada yang baru dari orang itu. Ga tau deh kenapa ga di baca sampai keesokan harinya, padahal pas transfer gercep amat balesnya, giliran mau komplain malah dicuekin. Masih berusaha positif, “oh, tenggelem chatnya”. Kurang lebih 25 jam berlalu dari chat terakhir, saya chat lagi, masih belum ada respon.

Mengenai barang sebenernya baik-baik saja, sudah menerima bahwa harga segitu ya yang didapat kw pastinya. Yang ingin saya komplainkan bukan masalah kw-nya, tapi bentuknya beda. Yang saya dapat ada earbud-nya atau apalah itu namanya (earphone yang ada silikon di ujungnya), nah itu saya ga suka modelnya, dari dulu. Saya lebih suka model yang digantung di telinga seperti earphone bawaan smartphone (s4msung, L6, opp0, dll), yang tanpa silikon itu, dan waktu saya iseng mengajukan bid, itu juga milih tws yang modelnya saya suka.

Tinggal nunggu paket yang satunya lagi datang, speaker-nya. Udah pasrah aja sih sama yang ini, dapet yang merk kw-nya apa ga tau deh.

Pengajuan Refund - Auction Experience

Tercatat jam 18.57 orangnya bales dan tanya alasan saya refund kenapa. Lalu saya jawab secara singkat bahwa barang tidak sesuai serta memberikan foto barang yang saya terima. Lalu orang itu menyuruh saya untuk menunggu selagi doi mengajukan komplain. Dari sini saya udah fix memberikan cap pada orang itu bahwa doi pesen dari orang lain, bukan dari stok barangnya sendiri.

12 Agustus 2021

Jam 10 pagi baru saya balas, sengaja, biar ke update dan dibaca, siapa tahu udah ada respon dari pihak sananya tapi lupa belum mengabarkan ke sayanya. Namun belum ada balasan, doi hanya like balasan DM saya.

13 Agustus 2021

Sudah 24 jam tidak ada kabar, akhirnya saya chat kembali. Di sini sebenarnya saya sudah malas, harus cek-cek terus, yaudah lah, kalau ga bisa juga tidak apa. Lebih malas lagi kalau saya yang harus menanggung sendiri biaya kirim baliknya. Saya juga sudah ikhlas dan menerima barang itu dengan apa adanya, walaupun speaker masih belum tiba juga.

Yahh, jadiin pelajaran aja biar ke depannya ga kena/ ga kegiur lagi dengan embel-embel “refundπŸ™ƒ

Mengulangi Pertanyaan yang Sama - Auction Experience

Siang sekitar jam 13, ada notif DM Instagram masuk, orang itu malah bilang kalau barang akan dikirimkan sendiri-sendiri, padahal saya tanya status komplainnya. Saya merasa mereka memiliki admin yang mengurusi chat lebih dari satu, sehingga lamaan dikit balesnya, langsung beda jawabannya, padahal sebelumnya udah dijelasin, itu positif thinking saya. Kalau ditanya negatif thinking-nya, ya pura-pura lupa πŸ™Š

Akhirnya masih dengan tetap sabar, saya ulangi apa yang ingin saya sampaikan. Lagi-lagi direspon alasan mau refund apa, barangnya ada rusak apanya, minta foto dll. Memang prosedur sepertinya, namun tetap saya penuhi semua permintaan mereka.

14 Agustus 2021

Intinya Tidak Bisa Refund πŸ™ - Auction Experience

Baru direspon siang ini, katanya barang original, hanya beda boksnya. Saya masih ada rasa berjuang saat itu dan menjawab serta menjelaskan bahwa modelnya beda (tetap meminta refund atau bisa diganti yang sesuai). Namun beberapa menit setelah reply, saya jadi merasa sudah cukup, pasti nanti diputer-puterin saja akhirnya, seperti mengalihkan perhatian anak-anak agar lupa kalau anak itu tadi minta mainan πŸ™ƒ

Oh ya, siang ini paket speaker akhirnya datang! Sedikit terkejut dengan dimensinya yang mungil, karena harusnya tidak sekecil itu. Tulisan di resi berbeda, kali ini tidak ada tulisan sh0pee-nya, tapi sepertinya tetap beli di orang lain. Dari tulisan judul barang di resi juga jelas beda. Hadehh, tobat fix πŸ™ˆ Kualitas suara ancur, trebel semua, bass kiri-kanan gada yang berfungsi maksimal, mungkin harus dengan volume yang tinggi, namun belum coba dipake kenceng-kenceng, karena suasana yang ga mendukung dan full treble kalau di dengerin dari jarak deket pusing, asli. Negatif thinking saya bilang, pasti bakal sember!

Di titik ini saya benar-benar sudah menyerah, walaupun masih ada rasa menggantung sedikit namun saya rasa akan percuma dan hanya membuang waktu saja jika diteruskan. Yasudahlah, anggap saja beli promo bundling tws plus speaker dengan harga 220k, sampai detik ini tws masih berfungsi dengan baik, speaker juga bisa dipake, lumayan lah kalau buat denger-denger santai pakai bluetooth waktu di dalam dan luar rumah.

Artikel ini saya buat pure hanya untuk berbagi pengalaman (sama biar situs web saya ada post baru juga si πŸ˜‚), sehingga Anda bisa waspada atau setidaknya kalau sekarang lagi nunggu barang lelangnya datang bisa ngira-ngira, ntar barangnya kw atau ori. Mungkin kalau kalian bid-nya tinggi memang akan dikirimkan barang yang original atau setidaknya kw yang paling baik (best clone). Saya tidak bilang bahwa orang itu penipu atau segala macamnya, mungkin karena saya hanya menang di bid rendah, dapatnya seperti itu. Saya pun tidak pernah sama sekali menyebutkan username ataupun id akun Instagram orang itu di artikel ini.

Okey, saya kira segitu untuk sharing pengalaman kali ini, kalau ada update dan segala macamnya nanti saya beri infonya di bawah. Febri sign out!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar